Sabtu, 06 Juli 2013

5 Robot Binatang yang Sedang Dikembangkan Pentagon.



NEWS
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan keamanan negara, dan salah satu cara yang menarik adalah dengan membuat robot. Tidak seperti kebanyakan robot di dalam cerita fiksi dengan bentuk futuristik, tapi robot yang sedang dikembangkan oleh Pentagon ini didesain mirip dengan binatang aslinya.

Saat ini ada 4 robot binatang yang sedang dikembangkan oleh Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) di bawah perintah Pentagon. Dengan dana lebih dari $600 miliar, DARPA bekerja keras mengembangkan robot menyerupai bentuk binatang untuk melakukan tugas pengintaian dan peperangan. Berikut ini adalah ketujuh robot binatang yagn sedang dikembangkan DARPA:


1. BigDog
Robot ini dibuat pada tahun 2005 dengan tampilan seperti seekor anjing besar. BigDog menggunakan mesin dua stroke dengan satu silinder dan mesin 15-HP go-kart yang beroperasi lebh dari 9.000 RPM.

Keistimewaan dari robot BigDog adalah memiliki kemampuan berlari 6 km/jam di medan yang sulit, memanjat pada kemiringan 35 derajat, dan mengangkut beban hingga 150 kg. BigDog nantinya diharapkan dapat dikendarai tentara di medan pertempuran sebagai pengganti kuda.

2. Nano Hummingbird Drone
Robot yang satu ini pertama kali dibuat pada tahun 2006. Robot Hummingbird ini didesain untuk melakukan tugas pengintaian dan mampu terbang dengan kecepatan 17 km/jam. Robot Nano Hummingbird memiliki bentangan sayap 18 cm dan berat hanya 19 gram, mirip denga ukuran burung aslinya.



3. LittleDog
Hampir sama dengan BigDog, hanya saja LittleDog memiliki ukuran lebih kecil. Robot dengan empat kaki ini dan digerakkan oleh tiga motor elektrik ini didesain untuk meneliti dan mempelajari pergerakan musuh.



4. RiSE
Dibandingkan dengan ketiga robot yagn disebutkan di atas, RiSE memiliki kemampuan khusus untuk memanjat pada permukaan datar seperti di dinding. RiSE memiliki berat sekitar 2 kg dan mampu memanjat dinding dengan kecepatan 1km/jam menggunakan keenam kakinya.


6. BigDog Weaponized
Sama seperti BigDog, hanya saja robot yang satu ini memiliki tanduk yang berfungsi sebagai senjata.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini atau dengan kolom komentar Facebook pada bagian atas ini.
Berkomentarlah dengan sehat! Dilarang membuat komentar dengan isi yang mengandung spam, sara, pornografi, politik, iklan, dan diluar norma yang berlaku. Thanks.