Selasa, 14 Mei 2013

Mengenal E-Commerce Toko Online



Apa itu E-Commerce?

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam kehidupan bisnis penjualan.
Dalam era Informasi saat ini, orang-orang mulai memanfaatkan Internet sebagai sarana dalam mempromosikan produk dan jasanya sekaligus sebagai media untuk transaksi keuangan yang dikenal dengan istilah e-commerce.

E-Commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang berfokus pada transaksi bisnis seperti pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan, baik antara dua buah institusi maupun antar institusi dan konsumen langsung dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital.


Alasan Menggunakan E-Commerce

Internet menjanjikan pasar yang besar untuk Anda dalam memasarkan produk-produk Anda. E-Commerce akan mengubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan), sehingga seperti memiliki tim marketing yang bekerja 24 jam pada toko online Anda.
Proses yang ada dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
  • Layanan pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan melalui website.
  • Otomasi akun Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
  • Pembayaran yang dilakukan secara online dan penanganan transaksi, dan sebagainya.

Setidaknya ada beberapa alasan umum mengapa orang lebih memilih berbelanja di toko online (e-commerce), diantaranya sebagai berikut :
  • Mempermudah dalam memperoleh barang atau jasa dari tempat yang jauh dari kustomer tanpa harus datang ke toko yang bersangkutan.
  • Rata-rata produk yang dijajakan di toko online lebih murah.
  • Pembeli bisa langsung survey produk dan dapat membandingkan harga lebih mudah.
  • Layanan belanja di toko online relatif cepat.
  • Belanja online bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dalam waktu 24 jam non-stop.
  • Belanja di toko online lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya.


Sistem Belanja Online

Alur atau cara belanja di toko online tergolong sederhana seperti halnya pada aktivitas pembelian secara fisik. Calon pembeli tinggal memilih barang yang ia inginkan, lalu klik tombol Beli, mengisi formulir data pembeli / login, konfirmasi alamat pengiriman, pilih kurir pengiriman barang, pilih dan konfirmasi metode pembayaran, dan konfirmasi pembelian.

Pilih Produk --> Klik Beli --> Login --> Bayar --> Kirim

Biasanya sistem pembayaran atau transaksi di toko online banyak yang menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, Paypal, dan bayar tunai (Cash on Delivery).


Perilaku Konsumen Online di Indonesia

Membangun kepercayaan untuk toko online yang baru saja didirikan bukanlah hal yang mudah. Banyak calon konsumen yang terlebih dahulu memastikan ada tidaknya toko online itu dengan menelepon langsung atau lebih memilih sistem pembayaran COD (Cash On Delivery). Hal ini adalah perilaku pembeli online di Indonesia, seperti ini yang diutarakan salah satu pendiri tokobagus.com, Arnold Sebastian Egg di http://www.seputar-indonesia.com.

“Tapi, yang unik dari pasar Indonesia adalah orang masih takut ketika harus menekan tombol ‘beli sekarang’di website, lantas membayar dengan kartu kedit atau semacamnya. Pembeli harus menjalin kontak dengan penjual terlebih dulu, baik melalui BlackBerry Messenger, Yahoo!Messenger, e-mail, telepon, SMS, dan lainnya.
Ini berbeda dengan definisi e-commerce, di mana mereka membeli barang di sebuah situs, membayar, dan barang akan dikirim ke tempat mereka. Pasar saat ini belum siap dengan transaksi 100% online. Kontak dengan penjual juga wujud dari kehati-hatian pembeli karena banyak dari mereka baru pertama atau beberapa kali bertransaksi online. Mereka ingin membeli barang dari penjual yang bisa mereka percaya.”

Sekian Artikel mengenai E-Commerce dari EbyCom Technology, Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
EbyCom Technology




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini atau dengan kolom komentar Facebook pada bagian atas ini.
Berkomentarlah dengan sehat! Dilarang membuat komentar dengan isi yang mengandung spam, sara, pornografi, politik, iklan, dan diluar norma yang berlaku. Thanks.